Friday, May 8, 2009

Pengaruh Hati

Efek Hati pada kondisi dan suasana Dunia




Dalam sebuah ayat Al-Qur'an, Allah telah tegaskan bahwa Allah tidak akan merubah suasana alam, situasi, dan kondisi serta keadaan ummat sampai ummat itu sendiri yang merubah semua yang ada di mereka dengan keimanan-keimanan yang ada dalam hati mereka. Begitulah sebuah ulasan tafsir dari Surat Ar-Ra'du,sebuah tafsiran yang mendasarkan pada itsar Shahabat; suatu kaum yang telah berhasil mengaplikasikan ayat demi ayat dari Al Qur'an. Dari pemahaman tersebut, kemudian para ulama yang ikhhlas dalam da'wah dan amal menegaskan bahwa segala yang terjadi di ummat ini dan dunia ini adalah akibat dari keyakinan mereka terhadap Allah, nilai-nilai amal kebaikan dari ayat-ayat Allah serta bersih dari kemusyrikan dan kemunafikan. Jadi, bila hati kita ini baik, maka Allah akan rubah keadaan ummat dan dunia ini menjadi baik; dan sebaliknya, bila hati-hati manusia buruk, maka akan buruk pula keadaan ummat dan dunia ini.
Dunia ini akan tetap sejuk dan nyaman dihuni apabila hati-hati manusia penghuninya juga sejuk dalam memandang hidup ini dan nyaman dalam menjalaninya.Sejuk dalam artian tidak ada rasa dengki, hasad, permusuhan, kesombongan dan tamak akan dunia dan keindahanya yang meliputi harta, wanita dan jabatan. Begitupun dalam menjalani hidup ini, manusia menjalaninya dengan penuh qona'ah disertai tawakal dan penghambaan diri kepada Allah yang lurus dan ikhlas. Namun sebaliknya, ummat dan suasana serta keadaan dunia ini akan semakin panas bila hati-hati manusia yang menghuninya dipenuhi dengan rasa iri dengki, hasad, ujub,permusuhan dan khiyanat. Begitupun, dalam menjalani hidup ini, bila manusia menjalani dengan penuh ketidak relaan atas takdir dan ketentuan Allah serta penuh dengan ketamakan akan dunia, maka dunia ini akan semakin panas dan panas. Orang-orang yang kurang akan keyakinan yang benar kepada Allah dan minimnya kepahaman akan hukum Allah menyebut kondisi tersebut dengan istilah "GLOBAL WARMING"



....renungan BISIS edisi ke 19 (edisi sebelumnya)

2 Komentar:

Blogger Yus berkata...

"assalamualaikum ,untuk mengetahui hati kita dan hati2 manusia mari kita berjaulah insha allah air mata kita akan bercucuran sambil mengelus dada dan istighfar banyak2. salam kenal dari saya.wassalam"

@ May 20, 2009 at 8:00 AM  
Blogger noriahmn berkata...

"Assalaalaikum, very nice blog and informative. Salam kenal.

NMN
Riyadh KSA"

@ June 22, 2009 at 11:06 PM  

Post a Comment

<< Home